Top

Kita tentu sudah tidak asing dengan yang namanya permainan kartu. Dari segala umur, mulai dari anak SD sampai orang tua pasti pernah bermain memakai kartu. Mulai dari permainan yang sederhana hingga yang rumit.Kartu permainan biasa kita kenal dengan kartu remi, remi sebenarnya nama permainan tetapi orang-orang lebih mengenal remi adalah nama untuk kartu ini.Ukuran kartu remi yang umum digunakan di dunia ada 2 jenis, yaitu:

  1. Ukuran poker (Poker size atau B8 sesuai ISO 216) memiliki ukuran 2.5 x 3.5 inchi atau 64 x 89 mm
  2. Ukuran bridge memiliki ukuran 3.25 x 3.5 inchi atau 57 x 89 mm

Selain ukuran yang umum digunakan ada juga ukuran lain seperti ukuran kecil (smaller size) memiliki ukuran 1.75 x 2.375 inchi atau 44.5 x 60.3 mm untuk permainan solitaire atau ukuran tall narrow memiliki ukuran 1.25 x 3 inchi atau 32 x 76 mm. Dalam permainan casino ukuran brigde lebih banyak dipergunakan.

Di dunia kira-kira ada lebih dari 1000 macam permainan kartu, setiap negara bahkan daerah memiliki jenis permainannya sendiri-sendiri. Di Indonesia, tentu kita tidak asing dengan yang namanya permainan cangkulan,41, remi, dan lain lain. Di negara lain permainan solitaire, poker ,blackjack, baccarat lebih terkenal.

800px-set_of_playing_cards_52
800px-set_of_playing_cards_52

Seperti yang kita kenal sekarang, satu set kartu remi terdiri dari 52 lembar kartu. Di dalamnya terdiri dari 2 jenis warna (merah dan hitam) serta 4 jenis suit (kelompok yaitu Spade/sekop, Heart /hati, Diamond/wajik, dan Club/keriting. Setiap suit terdiri dari 13 kartu, mulai dari AS, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 ,9, 10, Jack, Queen, dan King. Sebenarnya ada 2 kartu tambahan yaitu 2 buah joker yang berwarna hitam dan merah.

Sejarah

Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak diketahui secara pasti. Diduga embrionya berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800. Bagaimana ceritanya sampai bisa masuk ke Eropa pun agak samar-samar. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku-suku nomaden. Yang jelas, jenis permainan kartu ini - entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab - muncul di Italia kira-kira akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Perancis, dan Spanyol.

Permainan kartu ditemukan di Cina awal abad ke 9 di jaman Dinasti Tang. Dulu kartu ini dimainkan antar sesama anggota kerajaan. Putri Tongchang anak dari Raja Yizong Tang memainkan permainan kartu memakai daun (leaf game) dengan anggota dari clan Wei ( keluarga dari suaminya). Permainan kartu terus berkembang dan terus disempurnakan. Pada abad ke 11 kartu mulai menyebar ke seluruh Asia, Mesir, dan Eropa. Di jaman Dinasti Ming (1368 – 1644) kartu mulai memiliki gambar wajah dan sudah terdiri dari 4 suit, yang biasa disebut money cards (coins, strings of coins, myriads, dan ten myriads). Lalu kartu berkembang menjadi kartu untuk Mahjong.

Kartu mulai masuk Eropa di bawa dari Mesir (Mamluk Egypt) di abad 14. Kartu “Mameluk Pack”. Ini menjadi cikal bakal terciptanya kartu remi yang sekarang dan kartu tarrot. Deck ini terdiri dari 52 kartu yang terdiri dari 4 suit ( polo sticks/tongkat polo, coins/koin, swords/pedang, dan cups/gelas). Masing-masing terdiri dari angka 1-10 dan 3 gambar yaitu malik (King), nā'ib malik (Viceroy or Deputy King), and thānī nā'ib (Second or Under-Deputy). Kartu pertama di Eropa (Italia) disebut Kartu Tarot ( tarrochi) atau table nasib karena bentuknya seperti tablet, yang digunakan antara lain untuk meramal nasib. Tarot tertua berasal dari tahun 1470 di Lombardy. Pada permukaannya terukir tema-tema alegori atau mitologi berbagai aspek kehidupan seperti ilmu, seni, planet, dsb. Tarot terus berevolusi. Tarot Venetia jumlahnya 78 kartu, termasuk sebuah kartu si pander ( il matto) yang diduga sebagai cikal bakalnya joker modern.

Dulu kartu permainan terbatas dinikmati kaum borjuis atau bangsawan mengingat harganya mahal karena masih buatan tangan dan gambarnya hasil lukisan. Setelah system cetak dengan kayu ditemukan, kartu menjangkau masyarakat luas. Produksi makin meningkat setelah ditemukan teknik cetakan dengan plat tembaga. Ditemukannya proses reproduksi warna dengan teknik litografi di awal 1800-an makin mendorong munculnya kartu-kartu indah dari Jerman, Italia dan Perancis. Sejarah tidak mencatat siapa sebenarnya sosok Jack, Queen, dan King pada kartu modern. Tokoh pada kartu-kartu sebelumnya terus berganti dari waktu ke waktu. Pada kartu tua dari Italia dan Spanyol, keempat kartu King-nya menggambarkan para raja dari kerajaan besar dunia Abad Pertengahan.

Empat kartu king abad pertengahan
Empat kartu king abad pertengahan

Lalu ketika Raja Henry III dari Perancis naik tahta, kostum para bangsawan pada kartu berubah mengikuti mode pada zaman itu. Kartu remi terus berkembang dan mengalami perubahan sampai kartu remi yang kita kenal saat ini. Itulah seluk beluk mengenai kartu remi yang kita kenal. Untuk informasi yang lebih lengkap kalian bisa membaca lebih lengkap di Wikipedia versi bahasa inggris.


this website is only viewable in portrait mode!